Cara Pembatalan Transaksi Agenpos MLO di Aplikasi Berbasis WEB


Khusus sahabat agenpos yang telah bergabung menjadi Agenpos MLO, berikut kami sharing cara pembatalan transaksi Agenpos MLO di Aplikasi Agenpos MLO Berbasis WEB. Diharapkan dengan artikel ini dapat memudahkan rekan agenpos untuk mengelola kiriman pos yang terdiri dari berbagai macam jenis seperti kilat khusus, pos express, paket kilat khusus, EMS dan kiriman pos lainnya.
Untuk lebih terperinci mari simak artikel ini dengan teliti :

A. Persyaratan Pembatalan

Pembatalan transaksi MLO adalah proses merubah status kiriman dari Posting (diterima loket) menjadi Batal dengan mekanisme sistem yang telah ditetapkan. Dengan dilakukan proses pembatalan maka deposit agen yang telah dipotong untuk transaksi akan dikembalikan lagi ke dalam deposit sehingga tidak jadi menguranginya.
Untuk membatalkan sebuah transaksi MLO harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  1. Belum cetak manifest, manifest adalah bukti penyerahan kiriman, apabila sudah dicetak berarti kiriman siap untuk di angkut oleh Kantorpos dan akan diproses lebih lanjut sampai diantar kepada penerima, dengan demikian status kiriman bukan posting (masih diloket) lagi.
  2. Belum melakukan Tutupan Backsheet, apabila backsheet sudah ditutup maka pembatalan tidak bisa dilakukan lagi

B. Kenapa Harus dibatalkan

Ada berbagai kondisi yang menyebabkan pembatalan kiriman :
  1. Karena permintaan pengirim untuk diambil lagi kirimannya, apabila memenuhi kondisi di poin A. kiriman bisa dibatalkan, namun jika tidak kiriman bisa diambil kembali dengan syarat uang biaya pengiriman tidak bisa dikembali kepada pengirim. Atau jika dikembalikan, biaya pengiriman menjadi tanggung jawab loket (Agenpos)
  2. Setelah diperiksa ternyata kiriman tidak memungkinkan untuk dilanjutkan proses pengirimannya karena sesuai dan lain hal, seperti : Melanggar Aturan Pengiriman Barang Terlarang (klik untuk barang-barang terlarang), barang rusak sebelum diteruskan, tidak sesuai berat.
  3. Kesalahan sistem dan tidak sempat cetak ulang

C. Bagaimana Cara membatalkan

Berikut urutan yang harus dilakukan untuk proses pembatalan :
  1. Loket (LA) mengambil resi yang ada barcode kiriman yang mau dibatalkan serta mencocokkan dengan Backsheet, dan membubuhkan tanda silang pada barcode dan tulisan BATAL tersebut, lalu menyerahkan pada Kepala Agen (KA)
  2. KA Login aplikasi Agenpos berbasis WEB, Akses menu Start > ALL PROGRAMS >ADMINISTRASI TRANSAKSI > PEMBATALAN KIRIMAN MLO
    Click Gambar Untuk Perbesar
  3. Lakukan pembatalan dengan memasukkan barcode yang ingin dibatalkan tadi, masukkan password tekan enter, masukan alasan pembatalan dan akhiri dengan klik tombol PROSES BATAL
    Click Gambar Untuk Perbesar
  4. Selanjutnya jika agen berada jauh dari kantorpos tempat mendaftar, bisa difoto bukti resi dan laporan pembatalan kemudian dikirimkan dengan media tercepat kepada BOA dan BDH, atau bisa mengantar langsung bukti pembatalan pada kesempatan pertama.
  5. Secara sistem kiriman tersebut sudah dibatalkan namun deposit belum dikembalikan karena masih membutuhkan proses persetujuan (APPROVAL) dari BOA (Back Office Agency) dan BDH (Bendahara) Kantorpos dimana agenpos mendaftar. Proses ini biasanya maksimal 1 hari sampai dengan 1 Bulan.

D. Pembatalan Online (Khusus Kantorpos Pekanbaru 28000)

1. Agenpos MLO melakukan pembatalan dengan proses pada poin C.
2. Mengirimkan Foto Data Pembatalan melalui media tercepat, Email, Facebook, Whatsapp atau Telegram ke Admin Kantorpos. Sedangkan fisik bisa dikirim dengan pengiriman barang atau saat permintaan fee.
3. Mengisi formulir (wajib) permintaan pembatalan dibawah ini (atau klik disini untuk membuka halaman tersendiri)
Formulir Permintaan Pembatalan Transaksi MLO Kantorpos Pekanbaru 28000
Demikian sharing kami mengenai cara pembatalan transaksi agenpos MLO di aplikasi berbasis web, semoga semakin memudahkan agenpos MLO bertransaksi.

0 Response to "Cara Pembatalan Transaksi Agenpos MLO di Aplikasi Berbasis WEB"

Post a Comment

Artikel Populer