Cara Ringkas Transaksi Agenpos Pospay atau SOP (Standard Operating Procedure)


Rekan Agenposindonesia.com dalam artikel ini kami mengingatkan untuk selalu memperhatikan Cara Transaksi Agenpos Pospay yang benar. Dengan mengikuti standard yang berlaku atau biasa di sebut SOP (Standard Operating Procedure) maka agen pos akan bisa terhindar dari kemungkinan kesalahan atau human error yang bisa menyebabkan kerugian di sisi agenpos.
Perlu diingatkan kepada rekan agen pos, bahwa di Sistem Agenpos Indonesia Khusus Pospay tidak ada proses pembatalan yang diakibatkan dari kesalahan Operator atau petugas yang menjalankan sistem pospay, biasa disebut human error. Pembatalan hanya bisa di akomodir jika sistem yang bermasalah. Sekali lagi untuk menghindari kerugian di sisi agenpos, maka pastikan mengikuti Cara Ringkas Transaksi Agenpos Pospay atau SOP (Standard Operating Procedure).

Berikut Cara Ringkas Transaksi Agenpos Pospay :

1. Login Aplikasi

Login sesuai dengan User ID dan Password, gantilah password sesering mungkin, apabila muncul pesan error baca dengan seksama dan jika tidak bisa login laporkan ke korlap anda.

2. Pilih Menu / Layanan Transaksi

Ada layar menu utama dan sub menu, pilih sesuai kebutuhan

3. Input / Entri Nomor Pelanggan / Nomor Kontrak

Masukkan nomor yang benar, ada beberapa nomor yang perlu kode khusus, tanyalah kepada korlap, atau aktiflah di forum agenpos, agar bisa memahaminya.

4. Setelah Muncul Data, Konfirmasi Data Pelanggan dan Nilai Tagihan yang harus dibayar

Ini sangat penting, bisa jadi nomor yang diinput salah, 774 di input 744, beda satu angka akan fatal akibatnya, cocokkan nama pelanggan, jumlah tagihan dan biaya biaya yang muncul. Dan tanyakan apakah pelanggan benar-benar mau membayar?

5. Minta Sejumlah Uang dan Hitung sesuai jumlah tagihan 

Pastikan menerima uang dari pelanggan minimal sebesar yang tertera di aplikasi, hati-hati dengan uang palsu, hitung uang dengan seksama, jika kurang minta kekurangannya, jika lebih berikan kembalian kepada pelanggan.

6. Konfirmasi Kembali

Sekali lagi konfirmasi seperti langkah 4.

7. Bayar, Transaksi Selesai

Klik Tombol bayar, jika tidak ada masalah maka resi akan tercetak dan serahkan resi tersebut kepada pelanggan, dengan demikian selesai satu siklus transaksi.
Apabila ada masalah, misalnya :
  • Printer tidak mencetak/Rusak
  • Jaringan Putus
  • Listrik Padam
  • Dan lain-lain
Pastikan untuk mencek Laporan Backsheet dan Melakukan Prosedur Cetak Ulang, Untuk Proses Cetak Ulang bisa membuka link dibawah ini :

0 Response to "Cara Ringkas Transaksi Agenpos Pospay atau SOP (Standard Operating Procedure)"

Post a Comment

Artikel Populer