Alternatif Printer Pospay (Printer Virtual)

Rekan Agen Pospay... pernah mengalami error saat mencetak resi pospay? Jawabannya mungkin pernah Antara lain bisa disebabkan oleh :
  1. Bermasalah dengan server pusat
  2. Printer rusak
  3. Listrik tiba-tiba padam sehingga tidak ada arus pada printer, walaupun saat itu kita pakai laptop tentunya tidak bisa print.
  4. Dan sebab lainnya.
Jika rekan agen mengalami masalah ini, tentunya tidak terlalu repot jika transaksinya bukan transaksi PLN Prepaid (Token), namun jika ini adalah token maka tentunya pelanggan akan mendesak supaya transaksi tokennya di clearkan, dan minta nomor tokennya.
Untuk mengatasi hal tersebut, ikuti trik berikut yaitu dengan membuat printer alternatif printer pospay, dimana hasil print tidak di cetak pada kertas namun di cetak pada file dan bisa dilihat langsung hasilnya atau bisa juga disebut printer virtual, sehingga nomor token bisa di catat dan diserahkan kepada pelanggan.

Langkah membuat Alternatif Printer Pospay :
  1. Ubah Setting Parameter jenis printer menjadi Laser/Ink Jet
  2. Klik Tombol Start Menu pada Windows, Klik Devices dan Printers
  3. Pada daftar printer yang muncul pindahkan Default printer pada Microsoft XPS Document Writer, caranya Klik kanan Microsoft XPS Document Writer lalu pilih Set As Default Printer
  4. Setting Microsoft XPS Document Writer dulu agar bisa langsung tampil saat dilakukan pencetakan, caranya Klik kanan Microsoft XPS Document Writer, Klik Printing Preferences, Klik Tab XPS Documents, beri tanda centang pada Automatically Open XPS Documents Using XPS Viewer, Lalu klik OK.
Sekarang rekan agen sudah bisa menggunakan printer virtual caranya :
  1. Jalankan Aplikasi Pospay seperti biasa, jika sudah ada transaksi sebelumnya pastikan dengan melakukan cek status.
  2. Saat ditanya akan dilakukan pencetakan, klik Yes.
  3. Nanti akan muncul tampilan Save As Microsoft XPS Document Writer, lalu buat nama file yang diinginkan misalnya Resi Sementara 1.
  4. Setelah itu akan muncul XPS Viewer dan data resi yang diinginkan sudah bisa dilihat langsung di layar PC atau Laptop rekan agen.
Mudah bukan, namun ingat jika printernya sudah normal, kembalikan lagi pada posisi semula, jika dot matrix pakai dot matrix, jika tinta ya pakai printer tintanya.

0 Response to "Alternatif Printer Pospay (Printer Virtual)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel