Kewajiban dan Cara Membuat Manifest Kiriman Agenpos Integrasi (MLO)


Sahabat AgenposIndonesia.com yang sudah bergabung menjadi Agenpos Integrasi yaitu agen yang bisa melayani Pembayaran sekaligus Mengirim Surat/Dokumen dan Paket/Barang, mempunyai kewajiban untuk membuat Manifest Kiriman saat menyerahkan kepada Kantorpos.

Manifest kiriman adalah Lembar Bukti Serah Terima yang berisi daftar dokumen atau barang yang dikirim melalui Agenpos. Didalam Manifest terdapat Nomor Kiriman (Barcode) serta dikelompokkan berdasarkan jenis kirimannya.

Manifest berguna sebagai bukti penyerahan oleh Agenpos kepada kantorpos, sehingga apabila terjadi permasalahan di kemudian hari, misalnya : barang rusak atau hilang, tidak cocok antara perhitungan fisik dan yang terdaftar, maka dapat di ketahui siapa yang bertanggungjawab. 

Manifest dibuat rangkap 2, 1 lembar untuk Agen dan 1 lembar untuk kantorpos, yang sudah ditanda tangani oleh Agenpos dan Petugas Kantorpos.

Berikut Cara Pembuatan Manifest Kiriman Agenpos :
1. Kembali ke Menu Utama dan Klik Menu Reporting, Klik Laporan MLO seperti gambar berikut :


2. Klik Laporan Serah Terima, Klik Proses, Klik Yes seperti gambar berikut :
3. Akan Muncul Data Kiriman yang siap untuk dibuat manifest, Klik Tombol Cetak Laporan seperti gambar berikut :
4. Lalu Muncul Pesan Apakah Akan Melakukan Proses Posting Transaksi Pos? , Klik Yes, Lalu Klik OK setelah Muncul Pesan Sukses Posting seperti gambar berikut :

5. Akan muncul kotak dialog untuk mencetak (print) manifest, pastikan printer yang dipilih sudah siap dan klik OK, seperti gambar berikut :
6. Apabila melakukan dengan benar, maka akan dicetak manifest kiriman oleh printer seperti gambar berikut ini :




Pastikan Agenpos menandatangani Manifest Kiriman dan Meminta Tanda Tangan dari Petugas Kantorpos sebagai bukti kiriman tersebut sudah diterima oleh Kantorpos.

Demikian Kewajiban dan Cara Membuat Manifest Kiriman Agenpos Integrasi (MLO) sehingga dapat membantu melindungi Sahabat Agenpos dalam bertransaksi Kiriman Surat/Dokumen dan paket/barang. Semoga Bermanfaat.



0 Response to "Kewajiban dan Cara Membuat Manifest Kiriman Agenpos Integrasi (MLO)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel